SMAN 1 Pamukan Utara Raih Penghargaan Nasional, Apresiasi Sebagai Satuan Pendidikan Cerdas Berkarakter

13 Oktober 2024
Edy Rahmadi, S.pd kepala sekolah SMAN 1 Pamukan Utara (foto.doc/newsway.id)

NEWSWAY.ID, KOTABARU – SMAN 1 Pamukan Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, berhasil meraih Apresiasi Kategori Satuan Pendidikan Cerdas Berkarakter tahun 2024 yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penghargaan bergengsi ini tercantum dalam Surat Keputusan Kemendikbudristek No. 26062/A/PK.02.01/2024 tertanggal 2 Oktober 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta Pusat, pada 7-9 Oktober 2024, kepada lima sekolah di seluruh Indonesia, termasuk SMAN 1 Pamukan Utara.

Sekolah ini dinilai berprestasi dalam kategori Optimalisasi Penguatan Iklim Keamanan Satuan Pendidikan untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Temu Ismail.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh warga sekolah yang telah berkomitmen dalam pengimplementasian kebijakan pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah serta penguatan karakter siswa melalui berbagai program,” ungkap Kepala SMAN 1 Pamukan Utara, Edy Rahmadi, S.Pd.

SMAN 1 Pamukan Utara menonjol dalam tiga aspek utama yang menjadi dasar penilaian, yaitu pencegahan kekerasan, penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila, serta penguatan inklusivitas dan kebhinekaan.

~ Advertisements ~

Program-program inovatif yang dijalankan oleh sekolah ini, seperti PIK-R Gema Ratu Intan (kerjasama dengan BKKBN), Safe from Harm Dewan Ambalan Pangeran Dipati Ratu Intan, dan Sekolah Sehat Sekolah Tanpa Perundungan, menjadi bukti nyata komitmen sekolah dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan inklusif.

“Melalui program seperti Safe from Harm dan Sekolah Tanpa Perundungan, kami terus mendorong siswa untuk membangun budaya sekolah yang menghargai kebhinekaan dan mencegah kekerasan di lingkungan pendidikan,” tambah Edy Rahmadi.

Selain itu, SMAN 1 Pamukan Utara juga memiliki program unggulan lainnya, seperti Pantasi Sekolahku (pemilihan duta literasi sekolah), Kampak (Kamis Pramuka), dan Bekantan (bersama melestarikan pohon endemik Kalimantan), yang memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasila.

Tak hanya itu, dalam hal inklusivitas dan pelestarian budaya, program seperti Pekat (Pelestarian Pakaian Adat Tradisional) dan Gedsi (Gender Equality Social Inclusion) semakin menegaskan SMAN 1 Pamukan Utara sebagai sekolah yang menghargai keragaman dan kesetaraan.

“Penghargaan ini adalah bukti bahwa kami serius dalam membangun pendidikan yang berkarakter dan inklusif. Kami berharap prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi siswa,” tutup Edy Rahmadi.

Dengan penghargaan ini, SMAN 1 Pamukan Utara mengukuhkan diri sebagai salah satu sekolah terbaik di Indonesia dalam menciptakan iklim pendidikan yang aman, berkarakter, dan inklusif.

Tinggalkan Balasan

Latest from Blog