Siswi SMA dari Pulau Sebuku Lolos Jadi Paskibraka Nasional: Penantian Panjang Kotabaru Setelah 12 Tahun

22 Juni 2024
Anak Supir Truk asal pulau sebuku Kotabaru Lolos Paskibraka Tingkat Nasional (foto.kominfo.kotabaru/newsway.id)

NEWSWAY.ID, KOTABARU – Della Selvafia Azahra, siswi SMA Negeri 1 Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, berhasil lolos menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional.

Della akan bergabung dengan Tim Paskibraka se-Indonesia pada peringatan upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Prestasi ini menjadi yang kedua kalinya dalam sejarah 12 tahun Kabupaten Kotabaru mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat nasional.

Della adalah anak dari pasangan Bahrul Maji dan Lamsiah, warga Kecamatan Pulau Sebuku. Ibunya, Lamsiah, bekerja sebagai petani sekaligus ibu rumah tangga, sementara ayahnya, Bahrul Maji, berprofesi sebagai sopir truk.

~ Advertisements ~

Kecamatan Pulau Sebuku adalah salah satu dari 22 kecamatan di Kabupaten Kotabaru yang dapat ditempuh menggunakan transportasi laut, seperti speedboat selama kurang lebih satu jam jika ombak normal, atau hingga dua hingga tiga jam jika ombak besar. Alternatif lainnya adalah penyeberangan feri yang memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Sebelum dinyatakan lolos sebagai Paskibraka, Della melalui sejumlah tahapan seleksi dan latihan yang diberikan oleh Kesbangpol Kotabaru.

~ Advertisements ~

Seleksi tersebut meliputi tingkat kabupaten dan provinsi hingga akhirnya dia terpilih mewakili Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Kesatuan Suku Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotabaru, Melinda Ratna Agustina, menjelaskan bahwa ini adalah prestasi yang telah dinanti-nantikan Kabupaten Kotabaru.

“Alhamdulillah, akhirnya setelah 12 tahun menanti, ada wakil dari Kabupaten Kotabaru yang lolos menjadi Paskibraka Nasional. Della adalah siswi SMA Negeri 1 Kecamatan Pulau Sebuku yang memiliki prestasi luar biasa. Ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, khususnya Bapak Bupati dan Wakil Bupati, Bapak Sekretaris Daerah, serta seluruh jajaran SKPD yang terlibat dalam proses ini,” ujar Melinda.

Selain itu, Bakesbangpol Kotabaru juga terus mengawal seleksi di tingkat kecamatan dan kabupaten dengan ketat, menerapkan persyaratan kriteria setingkat Paskibraka Nasional.

“Kami mengawal penyelenggaraan proses seleksi calon Paskibraka dengan transparansi setinggi mungkin dan memasang kriteria persyaratan yang ketat setingkat kriteria Paskibraka Nasional untuk membuka peluang lebih luas bagi perwakilan Kotabaru di tingkat pusat sejak tahap awal seleksi di tingkat kabupaten,” jelas Melinda.

Melinda juga menghimbau kepada seluruh SLTA sederajat, dengan menggandeng Dinas Pendidikan, agar setiap sekolah saat melakukan proses penjaringan ekstrakurikuler Paskibraka telah memasang kriteria yang sama.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Latest from Blog