Pemprov Kalsel Gelar Lomba Mewarnai untuk Generasi Alpha: Tanamkan Cinta Museum Sejak Dini

by
24 Juni 2024
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakaan lomba mewarnai sebagai wujud dalam menanamkan cinta museum kepada generasi Alpha (foto.mc.prov.kalsel/newsway.id)

NEWSWAY.ID, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, mengadakan lomba mewarnai sebagai upaya menanamkan cinta museum kepada generasi Alpha.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun, melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Raudati Hildayati, menyampaikan bahwa lomba kali ini mengangkat tema “Museum di Hatiku”.

“Ini sebagai wujud Pemprov Kalsel dalam menanamkan cinta museum sejak dini kepada generasi yang nantinya menjadi penerus bangsa,” ucapnya di Banjarmasin, Minggu (23/6/2024).

Raudati berharap dengan perlombaan ini, para peserta dapat lebih mencintai museum, karena museum adalah peninggalan sejarah dan budaya yang harus kita jaga dan menjadi sumber belajar.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Arry Risfansyah, menambahkan bahwa perlombaan ini merupakan salah satu rangkaian dari pameran temporer yang diadakan mulai tanggal 20 hingga 25 Juni di halaman Museum Wasaka.

~ Advertisements ~

Pihaknya bersyukur karena antusiasme masyarakat dalam mengikuti lomba mewarnai cukup tinggi, dengan total peserta sebanyak 75 anak berusia 7 hingga 8 tahun.

“Selama perlombaan, para peserta mendapatkan fasilitas berupa crayon, meja gambar, serta media gambar,” tuturnya.

~ Advertisements ~

Selain itu, ada tiga juri yang akan menilai hasil karya para peserta, yaitu Ketua Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan (IPKS) Muslim Anang Abdullah, Ketua Bidang Seni Rupa DKKB Endro Budi Raharjo, dan Anggota IPKS Suci Melati.

“Mereka akan menilai dari segi komposisi, kreativitas, dan kerapian,” terangnya.

Salah satu juri lomba mewarnai, Muslim Anang Abdullah, menyatakan bahwa hasil lomba kali ini menunjukkan bahwa para peserta memiliki kreativitas yang merata di tiga komponen penilaian dibandingkan tahun sebelumnya.

Dia pun berharap bakat yang dimiliki oleh peserta bisa terus ditingkatkan sehingga melahirkan penerus pelukis di Kalimantan Selatan.

“Semoga bisa menghasilkan bibit-bibit baru pelukis di banua kita,” pungkasnya.

Untuk diketahui, juara pertama lomba mewarnai diraih oleh Nur Fitri Khalisa dengan nilai 406 poin.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Latest from Blog